Saturday, October 25, 2014

Genre Musik & Seni yang disukai ke 7 Presiden Indonesia

berikut genre musik yang di gemari oleh sosok yang pernah menjabat sebagai nomor satu di Indonesia ataupun yang saat ini sedang menjabat sebagai presiden RI.


1. Soekarno dan Musik Ngak-ngik-ngok

Soekarno yang dikenal sebagai presiden RI dengan kecintaan terhadap seni yang cukup tinggi, ternyata melarang diputarnya musik ngak-ngik-ngok. Sebutan ini dilontarkan Soekarno untuk musik-musik barat seperti rock, pop dan lain-lain.

Lagu-lagu The Beatles bahkan dilarang diputar di tanah air pada era 60-an. Tujuannya supaya memupuk mental pemuda Indonesia. Di mata Soekarno, musik-musik seperti itu bisa merusak mentalitas para remaja. Tidak hanya musik luar negeri, musik dalam negeri pun pernah mendapat larangan. Lagu-lagu dari Koes Bersaudara dan Elya Agus pernah terkena imbas larangan ini.

Sebaliknya, Soekarno sangat menyukai musik Lenso asal Maluku dan Minahasa.

2. Soeharto, Penyuka Gending Jawa

Soeharto disebut-sebut sangat menyukai lagu-lagu gending Jawa. Wajar, istri Soeharto, Ibu Tien memang berasal dari keuturunan Keraton Solo, Jawa Tengah. Oleh karenanya, gending Jawa sangat kental bagi Presiden RI kedua ini.

3. Habibie yang Tidak Suka Musik Rap

Fakta ini keluar dari buku Habibie dan Ainun. Dalam buku tersebut, dijelaskan bahwa Presiden RI ketiga ini punya kecintaan terhadap karya seni, termasuk di dalamnya adalah musik. Habibie sangat suka dengan musik, namun hanya satu genre musik yang membuatnya tidak tertarik untuk mendengarkan.

Rap dan hip hop masuk kategori musik yang tidak disukai Habibie.

4. Gus Dur Pilih Mendengarkan Mozart

Gus Dur lebih menyukai karya-karya klasik. Dalam hal musik, pilihannya jatuh pada Beethoven dan Mozart. Hal ini terbukti dengan banyaknya koleksi musik klasik Gus Dur yang tersimpan di kantor PBNU, Jakarta Pusat.

5. Ibu Megawati Lebih Suka Menari

Berbeda dari presiden lainnya, hobi Megawati dalam hal musik diekspresikan lewat menari. Dalam beberapa kesempatan, Ibu Mega sering melontarkan hobi menarinya ini.

Maklum, saat Ibu Mega kecil, presiden RI ini mendapat pelajaran menari yang sangat banyak saat berada di istana. Bahkan saat ada kunjungan dari negara asing, Seokarno sering meminta Mega kecil untuk menari.

6. SBY, Presiden yang Juga Pencipta Lagu

Sudah bukan rahasia lagi, SBY memang suka mencipta lagu. Beberapa album telah diluncurkan SBY selama menjabat sebagai presiden.

Album-album itu berjudul Rinduku Padamu (2007), Evolusi (2009), Ku Yakin Sampai Di Sana (2010) dan Harmoni Alam Cinta dan Kedamaian (2011). Akankah SBY lebih produktif lagi usai lepas dari masa jabatan presiden?

7. Jokowi, Presiden Nge-rock

Soal selera musik Jokowi, pembaca sudah bisa menebaknya. Presiden yang ketujuh yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI dan Walikota Solo ini sangat suka dengan musik-musik rock.Jokowi sangat menyukai band rock asal Amerika Serikat, Metallica.


2 comments: