Thursday, March 28, 2013

Gitaris Kidal Yang hebat

Dunia pergitaran dunia sudah pasti dipenuhi banyak gitaris-gitaris hebat. Dari yang Blues, Jazz, Rock, Metal, Classic, Funk, Punk dll. Gitaris-gitaris ini jelas rata-rata bermain dengan Righthanded (kanan), tapi gitaris-gitaris Lefthanded sangat tidak dipandang dengan sebelah mata. Sebut saja Jimmi Hendrix, dia adalah gitaris yang paling dihormati oleh seluruh gitaris di dunia. Oke biar gak banyak basa basi gue share nih beberapa Lefthanded Guitarist (Gitaris Kidal) di dunia: 
1. Jimmi Henrix
James Marshall "Jimi" Hendrix (lahir di Seattle, Washington, Amerika Hotel Serikat, 27 November 1942 - meninggal di London, Inggris, 18 September 1970 pada umur 27 tahun) adalah Musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris dan tokoh budaya Amerika Serikato. Ia sering disebut sebagai pemain gitar salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik Rock

2. Tony Iommi

 Tony Iommi (nama lahir Anthony Frank Iommi, lahir di Aston, Birmingham, 19 Februari 1948; umur 64 tahun) adalah seorang gitaris yang dikenal sebagai anggota Black Sabbath. Mereka adalah dedengkotnya musik metal. Saat ini Tony sedang tur bersama dengan Geezer Butler, Ronnie James Dio, dan Vinny Appice dengan nama Heaven and Hell. Ia menikah dengan Maria Sj√∂holm, vokalis band Swedia Drain STH. Anaknya Toni-Marie Iommi adalah penyanyi band LunarMile. Ia bersama rekan-rekannya dari Black Sabbath adalah pendukung Aston Villa

3. Albert King

 Albert King (April 25, 1923 - 21 Desember 1992) adalah seorang gitaris blues Amerika dan penyanyi, dan berpengaruh sangat besar dalam dunia permaina gitar blues. On December 11th, 2012, it was announced that King would be posthumously inducted into the 2013 Rock and Roll Hall of Fame

4. Dick Dale

 Dick Dale (lahir Richard Anthony Monsour pada 4 Mei 1937) adalah seorang gitaris surf rock, keturunan Lebanon Amerika, yang dikenal sebagai The King of Guitar Surf. Dia memelopori gaya musik surfing, memainkan skala musik Timur dan bereksperimen dengan dengung. Dia bekerja sama dengan Fender amplifier untuk menghasilkan custom made, termasuk amplifier gitar pertama kalinya 100-watt. Ia mendorong batas-batas teknologi amplifikasi listrik, membantu mengembangkan peralatan baru yang mampu menghasilkan terdistorsi "tebal, nada jelas dan jernih" di "previosly undreamed-volume" "tekhnik picking, stakato dan single notenya sangat berbahaya", dia sangat  mahir memainkan pertunjukan dengan gitar, dia juga dianggap pelopor musik heavy metal, mempengaruhi berbagai gitaris seperti Jimi Hendrix dan Eddie Van Halen

5. Elliot Easton


 Elliot Easton (lahir Elliot Steinberg, 18 Desember 1953, di Brooklyn, New York) adalah seorang musisi Amerika. Dia bermain gitar dan bernyanyi backing vokal untuk The Cars. Solo gitarnya merupakan bagian integral dari single hit bandnya. Ia belajar musik di Berklee College of Music. Dia bermain gitar kidal. Setelah runtuhnya The Cars pada tahun 1988, Easton bermain di band-band seperti the new wave supergroup The New Cars and the roots rock group Creedence Clearwater Revisited. Ia juga bermain di lagu-lagu band baru seperti band pop daya Click Five, gitaris Joe Guese menyebutnya sebagai "Boston connection".

6. Otis Rush


 Otis Rush (lahir April 29, 1935 di Philadelphia, Mississippi) adalah musisi blues, penyanyi dan gitaris. Gaya gitar yang khas memiliki slow burning sound and long bent notes. Dengan kualitas yang sama ke Magic Sam dan Buddy Guy, sound-nya dikenal sebagai West Side Chicago blues dan menjadi pengaruh pada banyak musisi, termasuk Michael Bloomfield dan Eric Clapton.
Rush adalah kidal dan, tidak seperti banyak lainnya kidal gitaris, memainkan instrumen kidal digantung terbalik dengan senar E rendah di bagian bawah. Ia bermain sering dengan jari kelingking tangan memilih nya meringkuk di bawah E rendah untuk posisi. Hal ini diyakini bahwa ini memberikan kontribusi untuk sound khasnya. Dia memiliki wide-ranging, suara tenor yang kuat.

7. Paul McCartney


Sir Paul McCartney (lahir di Liverpool, Inggris, 18 Juni 1942; umur 70 tahun) merupakan penyanyi, bassis, gitaris, berkebangsaan Inggris. Ia lebih terkenal sebagai salah Satu personel The Beatles sebagai seorang bassis. Bersama John Lennon di dekade 1960an, ia membentuk partnertship pencipta lagu paling sukses. Ia masih aktif bermusik dan sebagai musikus hingga pendapatannya adalah salat satu yang tertinggi di Inggris. Setelah The Beatles bubar, McCartney bersama istrinya, Linda McCartney membentuk Grup musik Wings yang cukup sukses di medio tahun 1970an. Setelah Wings Bubar, ia bersolo karir hingga sekarang.
Pada Guinness Book of Records, McCartney tercatat sebagai musisi danp pencipta lagu tersukses sepanjang masa dengan 60 platinum dan penjualan singel 100 juta. 'Yesterday' Lagu Yang ditulisnya pada tahun 1964 menjadi lagu yang paling sering dinyanyikan kembali dan diputar di radio Amerika Hotel Serikat.
McCartney juga aktif dalam lingkungan kegiatan pembelaan hak hewan dan vegetarianisme, terutama dalam PETA, Bersama Istri dan anak-anaknya. Ia juga menulis,  seperti dalam kumpulan puisi dan lyricnya 'Blackbird Singing'  dan juga seorang pelukis.

8. Kurt Cobain

Kurt Donald Cobain (20 Februari 1967 - 5 April, 1994) adalah seorang musisi Amerika dan artis, dikenal sebagai vocalis, gitaris dan penulis lagu dari band grunge Nirvana. Cobain membentuk Nirvana dengan Krist Novoselic di Aberdeen, Washington pada tahun 1985 dan didirikan sebagai bagian dari scene musik Seattle, memiliki debut album nya Bleach dirilis pada Pop label rekaman independen Sub pada tahun 1989.

Setelah penandatanganan dengan major label DGC Rekaman, band ini menemukan keberhasilan lewat terobosan "Smells Like Teen Spirit" dari album ke dua, Nevermind (1991). Menyusul keberhasilan Nevermind, Nirvana diberi julukan "flagship band" dari Generation X, dan Cobain dipuji sebagai "the spokesman of a generation". Cobain, sering tidak nyaman dan frustrasi, ia percaya pesan dan visi artistik  telah disalahtafsirkan oleh publik dan masalah pribadinya sering mendapat perhatian media. Dia menantang penonton Nirvana dengan album studio akhir In Utero (1993).

Selama tahun-tahun terakhir hidupnya, Cobain berjuang melawan heroin, kecanduan dan depresi. Dia juga mengalami kesulitan mengatasi ketenaran dan citra publik, juga uga tekanan profesionalisme, tekanan pribadi selama hidup dan istrinya, musisi Courtney Love. Pada tanggal 8 April 1994, Cobain ditemukan tewas di rumahnya di Seattle, ia diberitakan bunuh diri dengan luka tembak di kepala. Kematiannya pada usia 27 telah menjadi topik daya tarik dan debat publik. Sejak debut mereka, Nirvana, dengan Cobain sebagai penulis lagu, telah terjual lebih dari 25 juta album di Amerika Serikat, dan lebih dari 50 juta di seluruh dunia.

9. Tim Amstrong
Timothy Lockwood Armstrong (lahir November 25, 1965), yang dikenal hanya sebagai Tim Armstrong, dan sebelumnya dalam karirnya dikenal sebagai Lint, adalah pemenang Grammy Award musisi, penulis lagu Amerika, seniman, penyair, produser rekaman dan label rekaman independen pemilik. Selama tahun 1980-an ia dan lama bandmate Matt Freeman bertugas di hardcore mani beberapa band punk ska di East Bay music scene, terutama Ivy band Operation Ivy . Pada tahun 1991, ia dan Freeman membentuk band punk rock Rancid, yang dikenal dengan kebangkitan mainstream punk rock di pertengahan 1990-an dan merupakan salah satu band punk yang paling sukses secara komersial sepanjang masa. Pada tahun 1998, dia, bersama dengan Brett Gurewitz, gitaris dari band Bad Religion juga pemilik Epitaph Records, mendirikan Hellcat Records. Pada tahun 1999 Armstrong membentuk hip hop / punk rock supergrup The Transplants. Selama Rancid hiatus sementara, antara album Indestructible and Let the Dominoes Fall, ia merilis album solo ska-oriented, A Poet's Life pada tahun 2007. Pada 2012 dia telah menghasilkan beberapa album, termasuk Jimmy Cliff's Rebirth, dan telah menyutradarai sejumlah film.

10. Al McKay




Al McKay (lahir 2 Februari 1948, di New Orleans, Louisiana) adalah gitaris, penulis lagu, produser, dan mantan anggota  American funk band Earth, Wind & Fire. Al memimpin kelompok sendiri, Al McKay LA All Stars, dengan mantan EWF anggota Johnny Graham, Fred Putih (adik EWF pendiri Maurice White dan  Verdine White), Rahmlee Michael Davis dan Michael Harris dari Phenix Horns, dan Andrew Woolfolk. Kelompok ini merilis sebuah album yang berjudul Al Dente melalui impor.

Sepanjang sebagian besar 70-an dan '80-an, Al dipekerjakan untuk sesi studio banyak dari seniman yang berbeda dan diproduksi / terdiri untuk berbagai proyek, termasuk The Temptations (Truly for You – 1984 / Motown), A Taste of Honey (Ladies of the Eighties – 1982 / Capitol), Finis Henderson (Finis – 1982 / Motown), dan banyak lainnya. Video instruksionalnya untuk Star Productions Licks muncul di VHS di pertengahan 80-an. Videonya di re-designed dan diterbitkan kembali pada VHS selama 90-an.

Dia sekarang melakukan dengan band-nya, The Al McKay Allstars, melakukan pertunjukan yang disebut The Earth, Wind & Fire Experience, dan tour sepanjang festival jazz besar di dunia dengan 14-piece ensemble. Ada juga DVD live dari proyek ini, yang difilmkan di Eropa Timur.

11. Man Kidal


Man Kidal atau nama sebenarnya adalah Abdul Rahman bin Mahmood dilahirkan pada 1963 di Johor Darul Takzim. Dia adalah seorang shredder, gelar "kidal" diperolehnya adalah karena ia memainkan gitar dengan menggunakan tangan kiri.  Gaya permainan (neo-classical) sampai performanya (gitar fender stratocaster, kostum) sangat mirip dengan Yngwie Malmsteen. Mulai aktif dalam bidang musik ini sejak tahun 1979 ketika itu dia menganggotai kelompok "The Lefthanded" dan telah diubah nama kepada Lefthanded Band. Gitaris asal negeri jiran in pernah berkolaborasi dengan D'Masiv pada lagu Damai. 

12. Joe Wings

Abdul Zamin bin Abdul Kadir atau lebih dikenal sebagai Joe Wings merupakan gitaris Grup Wings, pembuat album, session player, pencipta lagu, penulis lirik, aktor dan penyanyi di  Malaysia. Ia pernah bergabung dalam grup Scandals dan kini bersama dengan band Wings. Dibanding Man Kidal,  gaya permainan Joe lebih ke Rock / Blues, beberapa tekhnik taping juga sering dipakai Joe, gitar yang digunakan adalah Gibson.

13. Zacky Vengeance
Zachary James Baker, (lahir 11 Desember 1981) lebih dikenal dengan nama panggung Zacky Vengeance nya, adalah gitaris ritme dan vokalis dukungan untuk band metal / rock Amerika Avenged Sevenfold.

Zacky masuk di Huntington Beach High School, dan membentuk Avenged Sevenfold  bersama M. Shadows dan The Rev. Sebelum Avenged Sevenfold, band pertamanya adalah a crust punk band bernama Society Down. Dia mengatakan bahwa demo bandnya sebelumnya ada, tapi hilang tahun lalu. Setelah Society Down  ia membentuk sebuah band punk bernama MPA yang merupakan singkatan dari Mad Porno Action. Kedua band lamanya tidak berhasil. Baker datang dengan nama panggung "Zacky Vengeance" karena ia ingin kembali pada semua orang dari masa mudanya yang meragukan potensinya. Ia juga punya nama panggung Jonathan Seward "Johnny Kristus," mengatakan itu cocok untuknya. Vengeance juga bertanggung jawab untuk penciptaan inisial "A7X".
Meski bermain gitar tangan kiri, Vengeance ingat gitar pertama ia belajar untuk bermain di sebenarnya tangan kanan. Orangtuanya telah membelikannya untuk ulang tahun ketiga belas. Dia belajar dengan bermain terbalik, menonton band favorit dan siapa saja yang bisa bermain gitar, juga berlatih sebanyak yang dia bisa. Ia juga akan membaca setiap edisi Guitar World. Belajar tab dari lagu diterbitkan di sana dan menonton gitaris pro dan melakukan itu sampai ia bisa seperti mereka.
Bersama Synyster Gates di A7X mereka adalah pasangan gitaris paling berbahaya abad ini.

14. Moldy Radja



Moldyansyah Kusnadi (lahir di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 26 Desember 1975; umur 36 tahun) sering disapa Moldy dikenal sebagai gitaris Grup Band Radja. Ia juga merupakan kakak kandung vokalis Radja, Ian Kasela. Tahun 2001 bersama Ian Kasela, Suma dan Adit membentuk Radja. Telah mengeluarkan 10 album. Moldy juga memproduseri beberapa band seprti Cinderella, Radja Cilik, Pangeran dll.

15. Ade Firza Paloh

Ade adalah gitaris / vocalis dari grup Sore Band. Telah mengeluarkan 2 album studio. Sore Band mempunyai sebagian besar player bermain kidal.

16. Reza Dwi Putranto


Reza juga adalah gitaris / vocalis grup band Sore, bersama Ade. Di album mereka, semua personil mendapat kesempatan untuk ambil bagian menjadi vocalis.

17. Arman LVR Bustan


 Arman Bustan (lahir di Lalombaa 28 April 1986) adalah gitaris, penulis lagu grup band Lovender. Bersama bandnya ia telah mengeluarkan satu single http://www.youtube.com/watch?v=T5hMhSljSMA Dulu ia adalah gitaris grup band hip rock Kraton Band asal Kolaka Sulawesi Tenggara. Ia pernah mewakili Prov. Sultra 3x berturut-turut (tahun 2006-2008) untuk mengikuti lomba cipta lagu Rap peduli HIV/AIDS oleh BKKBN. Arman juga menulis lagu buat artis pendatang baru Dheandra - Please  Please Berhenti http://www.youtube.com/watch?v=PEhq6083zko


1 comment:

  1. If you would like to improve your familiarity simply keep visiting this site
    and be updated with the hottest information posted here.


    Feel free to surf to my page - how to get your ex back fast

    ReplyDelete