Tuesday, June 25, 2013

Antoni Gaudi - Sang Arsitek pada logo google hari ini 25 Juni 2013

Sudah lama google doodle tidak berubah dan hari ini kembali berubah dengan tema Antoni Gaudi's 161st birthday, seperti biasanya google doodle berubah sesuai dengan siapa yang diberi penghargaan, siapakah Antoni Gaudi sampai hari lahirnya di hargai oleh Google.


Ulang tahun 161 Antoni Gaudi dirayakan oleh hari ini  Selasa , Google merayakan ulang tahun 161 arsitek legendaris Antoni Gaudi dengan doodle yang menampilkan beberapa karyanya.

Fitur doodle menampilkan enam karya terkenal nya termasuk Casa Batlo dan Casa Mila dalam Miniatur kolase 

Dikenal sebagai bapak arsitektur Catalan modern, Antoni Gaudi lahir pada tanggal 25 Juni 1852 di Reus, bagian dari Catalonia di Spanyol. Ia dibesarkan di daerah yang sama dan terdaftar di sekolah Piarists, setelah ia bekerja magang di pabrik tekstil. Ia pergi ke Barcelona untuk belajar ilmu keguruan  di Convent del Carmel. Gaudi kemudian belajar arsitektur di Sekolah Llotja dan Sekolah Tinggi Arsitektur Barcelona, dan lulus pada tahun 1878. Ia juga menyelesaikan wajib militer. Ia juga mendapat pekerjaan sebagai juru sketsa untuk membiayai pendidikannya.

Gaudi memulai karirnya dengan merancang tiang lampu untuk Plasa Reial di Barcelona, newsstands Girossi, dan bangunan Cooperativa Obrera Mataronense, Beberapa karyanya yang lain terkenal adalah Park Guell, Palau Guell, Casa Milla, Casa Batlo dan Casa Calvet,dan lain-lain

Gaya arsitektur Gaudi dipengaruhi oleh Revival Gothic dan Modernisme kemudian (modernisme) yang didasarkan pada arsitektur bersejarah. Dia bahkan dianggap menguasai Catalan Modernisme. Dia juga mengambil inspirasi dari gaya oriental termasuk gaya dari India, Persia dan Jepang, dan dari bentuk-bentuk geometris.

Beberapa karya Gaudi telah diberi  status Warisan Dunia (Heritage World)  oleh UNESCO termasuk Park Guell, Palau G├╝ell, Casa Mila,Casa Vicens dan Casa Batllo bersama dengan crypt dari Colonia Guell di Santa Coloma de Cervello.
Gaudi meninggal pada tanggal 10 Juni 1926 pada usia 73 di Barcelona setelah ia ditabrak oleh trem yang lewat.




0 komentar:

Post a Comment