Thursday, December 6, 2012

Sistem Kemasyarakatan (gelar) suku bugis

Sistem Kemasyarakatan orang bugis

menurut Friedericy, dulu ada tiga lapisan pokok, yaitu:
  1.  Anakarung : lapisan kaum kerabat raja-raja.
  2. To-maradeka Tu-mara-deka : lapisan orang merdeka yang merupakan sebagian besar dari rakyat Sulawesi Selatan. 
  3. Ata : lapisan orang budak, yaitu orang yang ditangkap dalam peperangan, orang yang tidak dapat membayar hutang,      atau orang yang melanggar pantangan adat.

Gelar Suku Bugis

Susunan Lapisan Gelar-gelar yang terdapat pada Suku Bugis:
  1. Datu, adalah Gelara yang di berikan kepada bangsawan bugis yang memegang pemerintahan daerah, yang sekarang             setingkat dengan (Bupati).
  2. Arung, adalah Gelar yang diberikan kepada bangsawan bugis yang memegang pemerintahan wilayah yang sekarang           setingkat dengan (Camat).
  3. Andi, adala gelar yang diberikan kepada bangsawan bugis yang biasanya anak dari perkawinan antara keturunan                 arung dengan arung.
  4. Puang, adalah Gelar yang diberikan kepada anak dari hasil perkawinan antara arung atau andi yang mempunyai istri          masyarakat biasa, begitupun sebaliknya.
  5. Iye, adalah gelar yang diberikan kepada masyarakat biasa yang masih memiliki silsilah yang dekat dengan kerabat              bangsawan.
  6. Uwa, adala kasta ter rendah dalam masyarakat bugis yaitu gelar yang diberikan kepada masyarakat biasa.

1 comment:

  1. sitongenna rupa tauwwe pada pada maneng mui angkena ri sesena puang Allah ta'ala. De'gaga assilaingenna. Yammi nengka assilaingenna yakku tattanengngi maladde teppena lao ri puang Allah taala. Pede matanre teppena nenniya amala'na pede matanre to angkena ri sesena puangnge. Yaro yasengnge teppe matanre wedding jaji engka rilaleng arona arungnge, weddi to jaji engka ri tau biasae taniae arung. Jaji angkeE pole kommi teppetta lao ri tellae puang.

    ReplyDelete