Saturday, March 16, 2013

Band metal yang mempunyai personil bersaudara

Saudara sekandung biasanya memiliki kedekatan yang lebih dibandingkan dengan saudara tidak sekandung atau teman. Seringkali saudara sekandung juga memiliki kemiripan dalam banyak hal, terutama dalam menyikapi suatu minat atau hobi.Tak sedikit saudara sekandung yang berhasil meraih sukses bersama – sama dalam suatu bidang. Dalam dunia sepakbola, misalnya, kita mengenal figur – figur seperti Frank dan Ronald de Boer – yang sekaligus juga merupakan saudara kembar – yang sukses di timnas Belanda tahun 90an hingga awal 2000an, atau Robert dan Niko Kovac yang merupakan dua bersaudara yang menjadi pemain andalan timnas Kroasia pada Piala Dunia 2006.

Kesamaan minat seringkali menggiring sepasang kakak adik untuk bersama – sama mendalami karir di bidang yang mereka sukai. Lalu bagaimana dengan dunia musik? Di dunia musik juga banyak penyanyi atau band yang memiliki personil saudara sekandung. Dalam kancah musik pop, tentu nama Jackson 5 sudah sangat dikenal. Untuk angkatan yang lebih tua lagi, ada Bee Gees dengan tiga bersaudara Barry, Robin dan Maurice Gibb.
Masuk ke pelataran musik rock, kita tentu sudah sangat kenal dengan nama – nama seperti Eddie dan Alex Van Halen (Van Halen), Angus dan Malcolm Young (AC/DC), Ann dan Nancy Wilson (Heart) atau Robert dan Michael Sweet (Stryper). Mereka sukses dengan bandnya masing – masing di era 70an dan 80an. Pada awal 90an ketika alternative rock dan britpop menemui era jayanya, beberapa pasang saudara kandung pun sukses bersama bandnya seperti Dean dan Robert DeLeo (Stone Temple Pilots), Ed dan Dean Roland (Collective Soul), Eric dan Gwen Stefani (No Doubt), Michael dan Noel Hogan (The Cranberries) serta yang paling kontroversial, Noel dan William Gallagher (Oasis).

Pada era 80an dan 90an di mana genre musik metal yang lebih ekstrim seperti death/thrash/groove metal muncul, kecenderungan saudara sekandung untuk meniti karir bersama di genre – genre tersebut juga muncul. Ingin tahu siapa saja band – band metal yang punya personil saudara sekandung dan cukup sukses dengan bandnya? Berikut 10 band extreme metal yang punya personil bersaudara lengkap dengan lagunya versi RockenBlast.com.

10. PSYCROPTIC (Dave dan Joe Haley)

Psycroptic terbentuk pada 1999 di Hobart, Australia oleh dua saudara kandung Dave Haley (drum) dan Joe Haley (gitar). Band ini memainkan genre death metal dengan struktur lagu yang kompleks atau yang sekarang dikenal dengan technical death metal. Psycroptic sudah merilis empat buah album. Yang terakhir adalah ”Ob(servant)” yang dirilis pada 2008. Mereka saat ini telah menyiapkan album baru yang berjudul ”The Inherited Repression” yang direncanakan akan dirilis pada Februari 2012 via Nuclear Blast Records. Psycroptic merupakan band manca negara pertama yang menjadi headliner festival metal Rock In Solo di kota Solo pada tahun 2009.
Psycroptic - Carriers Of The Plague (Single from the upcoming new album "The Inherited Repression", 2012)
9. WARBRINGER (Andy dan John Laux)

Warbringer terbentuk pada 2004 oleh John Laux (gitar) dan vokalis John Kevill. Saudara kandung John Laux yaitu Andy Laux (bass) menyusul bergabung tak lama kemudian dan disusul oleh gitaris Adam Carrol. Warbringer adalah salah satu band generasi 2000an yang cukup berhasil menarik perhatian lewat tiga album yang sudah mereka rilis sejak 2008. Warbringer mengusung stream yang agak jarang dilirik oleh generasi seusia mereka (personil Warbringer masih berusia 21 – 25 tahun). Mereka memilih old-school thrash metal sebagai musik mereka. Sejenis seperti yang digeber oleh Slayer di album ”Hell Awaits”, Exodus di awal – awal karirnya atau Kreator di album ”Pleasure To Kill”. Pengaruh dan sound dari ketiga band senior di atas bisa dirasakan dalam album terbaru Warbringer,”Worlds Torn Asunder” yang dirilis pada bulan September 2011 via Century Media. Warbringer juga sudah pernah tampil di Indonesia, tepatnya di Jakarta pada 2010 lalu.
Warbringer - Shattered Like Glass (From the latest album "Worlds Torn Asunder", 2011)
8. KALMAH (Antti dan Pekka Kokko)

Dari Finlandia ada band Melodic Death Metal yang bisa dibilang underrated (bagus tapi kurang mendapat sorotan). Mereka adalah Kalmah. Band ini dibentuk oleh Pekka Kokko (vokal/gitar) dan adiknya Antti Kokko (gitar) bersama drummer Petri Sankala pada tahun 1998 di kota berhawa dingin, Oulu, di Finlandia utara. Enam album sudah dirilis Kalmah sejak tahun 2000. Album terbaru mereka adalah ”12 Gauge” yang dirilis pada 2010 lewat label Spinefarm Records. Kalmah sering disandingkan dengan Children Of Bodom sebagai dua band jagoan melodic death metal dari Finlandia. Para metalhead bahkan sering membandingkan skill permainan gitar Alexi Laiho dengan Antti Kokko. Keduanya memang memiliki skill permainan gitar yang baik.
Kalmah - Bullets Are Blind (From the latest album "12 Gauge, 2010)

7. GOJIRA (Joseph dan Mario Duplantier)


Gojira terbentuk pada 1996 di Bayonne, Prancis oleh dua bersaudara Joseph Duplantier (vokal/gitar) dan adiknya Mario Duplantier (drum) bersama kedua teman mereka Christian Andreu (gitar) dan Jean-Michel Labadie (bass). Sejak terbentuk hingga saat ini Gojira sama sekali belum pernah mengalami pergantian personil. Musik Gojira bisa dibilang cukup variatif. Band ini merambah nuansa thrash metal, death metal hingga avant-garde metal dalam empat album yang sudah mereka rilis sejak 2001 hingga 2008. Saat ini Gojira sedang menggarap album kelima yang direncanakan akan dirilis via Roadrunner Records pada 2012. Joe Duplantier pernah bergabung juga dengan Cavalera Conspiracy pada 2007 – 2008 sebagai bassist.
Gojira - Toxic Garbage Island (From the album "The Way Of All Flesh", 2008)

6. AT THE GATES (Anders dan Jonas Björler)

At The Gates adalah salah satu band pelopor death metal di tanah Swedia. Band ini terbentuk pada 1990 di Gothenburg oleh dua saudara kembar Anders Björler (gitar) dan Jonas Björler (bass). Namun saudara kembar ini juga yang membuat At The Gates harus bubar ketika mereka keluar dari band pada 1996. At The Gates kembali aktif sembilan tahun kemudian tepatnya pada Oktober 2007. Setahun kemudian At The Gates tampil di beberapa festival metal di Eropa seperti Graspop Metal Meeting, Sweden Rock Festival dan Wacken Open Air. Meski demikian sejak aktif kembali tahun 2007, At The Gates belum merilis album baru lagi. Album terakhir mereka adalah “Slaughter Of The Soul” yang dirilis pada tahun 1995 sebelum mereka bubar. Sepanjang karirnya, At The Gates telah merilis empat buah album.
At The Gates - Blinded By Fear (From the album "Slaughter Of The Soul", 1995)
5. OBITUARY (John dan Donald Tardy)

Obituary sudah mulai terbentuk pada 1984 dengan nama Xecutioner. Pada tahun 1988 mereka mengganti nama bandnya menjadi Obituary. Band ini dibentuk oleh dua bersaudara John Tardy (vocal) dan adiknya Donald Tardy (drum). Obituary merupakan salah satu band yang cukup berpengaruh dalam scene death metal Florida. Mereka sempat bubar pada 1997 karena kejenuhan dan kelelahan dalam melakukan tur. Namun pada 2003 Obituary kembali aktif dan merilis album baru berjudul ”Frozen In Time” pada 2005. Sepanjang karirnya, Obituary telah merilis delapan buah album. Pada April 2010 Obituary mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menggarap album baru yang akan dirilis pada 2012.
Obituary - Internal Bleeding (From The Album "Slowly We Rot", 1989)
4. ARCH ENEMY (Michael dan Christopher Amott)

Salah satu band melodic death metal andalan Swedia. Arch Enemy terbentuk pada 1996 ketika Michael Amott keluar dari Carcass dan membentuk band bersama adiknya Christopher Amott serta vokalis Johan Liiva dan drummer Daniel Erlandsson. Pada tahun 2000 Johan Liiva dikeluarkan dari band dan digantikan oleh jurnalis musik asal Jerman, Angela Gossow yang sebelumnya sempat melakukan wawancara dengan Michael Amott. Arch Enemy telah merilis sembilan album sejak tahun 1996. Album terakhirnya adalah “Khaos Legions” yang dirilis pada Mei 2011 lalu. Album ini berhasil mencapai peringkat 76 di Billboard 200.
Arch Enemy - Bloodstained Cross (From the latest album "Khaos legions", 2011)
3. LAMB OF GOD (Chris dan Willie Adler)

Lamb Of God terbentuk pada 1990 oleh drummer Chris Adler dan dua temannya Mark Morton (gitar) dan John Campbell (bass). Awalnya band mereka bernama Burn The Priest. Burn The Priest sempat merilis satu buah album pada 1999 bersama gitaris Abe Spear yang keluar tak lama setelah album ini direkam. Adik kandung Chris Adler yaitu Willie Adler kemudian bergabung sebagai gitaris mengantikan Abe Spear. Burn The Priest kemudian berubah nama menjadi Lamb Of God setelah Willie Adler bergabung. Lamb Of God telah merilis enam buah album sejak 1999 (termasuk album Burn The Priest). Album terbaru berjudul “Resolution” saat ini telah selesai digarap dan siap dirilis pada 24 Januari 2012 mendatang. Sebuah single berjudul ”Ghost Walking” telah dirilis lebih dulu pada 5 Desember lalu.
Lamb Of God - Ghost Walking (First single from the upcoming new album "Resolution", 2012)
2. SEPULTURA / CAVALERA CONSPIRACY (Massimiliano dan Igor Cavalera)

Max dan Igor Cavalera. Dua bersaudara ini adalah salah satu pasangan kakak adik yang paling familiar dalam sejarah musik metal. Dalam usia yang masih cukup muda (14 dan 13 tahun) Max dan Igor sudah aktif memainkan metal pada tahun 1984 ketika mereka membentuk Sepultura di kota Belo Horizonte, Brazil. Sepultura kemudian berkembang menjadi salah satu band yang sangat disegani di kancah musik metal dunia terutama setelah mereka merilis album ”Arise” pada 1991. Sayangnya Max kemudian keluar dari Sepultura pada 1996 karena tersinggung setelah teman – teman bandnya – termasuk Igor adiknya - memutuskan memecat manager mereka Gloria Bujnowski yang juga merupakan istri Max. Selanjutnya selama kurang lebih 10 tahun Cavalera bersaudara tidak pernah saling bertegur sapa karena permasalahan tersebut. Baru pada 2006 setelah akhirnya keluar juga dari Sepultura, Igor Cavalera menelepon kembali kakaknya. Percakapan keduanya kemudian menjadi awal terbentuknya Cavalera Conspiracy pada 2007. Max dan Igor Cavalera sukses membawa Sepultura menjadi salah satu band pengusung berbagai genre seperti thrash metal dan death metal. Mereka bahkan dianggap sebagai salah satu pelopor stream groove metal. Bersama Sepultura, Max dan Igor Cavalera merilis 6 buah album. Album pertama adalah ”Morbid Visions” (1986) dan yang terakhir adalah ”Roots” (1996). Sementara dengan Cavalera Conspiracy, keduanya telah merilis dua album yaitu ”Inflikted” (2008) dan ”Blunt Force Trauma” (2011).
Cavalera Conspiracy - Warlord (From the latest album "Blunt Force Trauma", 2011)
1. PANTERA / DAMAGEPLAN (Vinnie Paul Abbott dan Dimebag Darrell Abbott)

Pantera memulai karirnya pada 1981 sebagai sebuah band glam metal. Band ini dibentuk oleh Vinnie Paul Abbott dan adiknya Dimebag Darrell Abbott (ketika itu Dimebag memakai nama Diamond Darrell). Setelah bertemu vokalis Phillip Anselmo pada 1987, Pantera mengubah arahan musiknya menjadi lebih berat dan extreme. Pada tahun 1990 lewat album ”Cowboys From Hell” Pantera sudah benar – benar meninggalkan gaya glam metalnya. Album ”Cowboys From Hell” juga dianggap sebagai salah satu album yang mempelopori munculnya genre groove metal. Pantera bubar pada 2003 setelah terjadi ketegangan antara Phil Anselmo dengan Vinnie dan Dimebag. Dua bersaudara Abbott kemudian membentuk band baru bernama Damageplan dan merilis album pertamanya ”New Found Power” pada Februari 2004. Sayangnya pada akhir tahun 2004 (8 Desember 2004) sebuah tragedi penembakan massal yang terjadi di konser Damageplan di Alrosa Villa Club, Colombus, Ohio, telah menewaskan Dimebag Darrell. Damageplan kemudian bubar setelah kematian Dimebag Darrell. Vinnie Paul Abbott kemudian bergabung dengan Hellyeah pada 2006 hingga saat ini. Sejak 1981 hingga 2004, dua bersaudara Abbott telah meniti karir bersama Pantera selama 22 tahun dan merilis sembilan album. Mereka juga bersama – sama membentuk Damageplan, meski band ini hanya berumur satu tahun dan hanya merilis satu buah album dan kemudian bubar karena tewasnya Dimebag Darrell.
Pantera - 5 Minutes Alone (From the album "Far Beyond Driven", 1994)

Di luar kesepuluh pasangan bersaudara tersebut sebenarnya masih ada beberapa pasangan lain yang juga meniti karir bersama – sama di alam musik metal. Sebut saja Gus Pepa (gitar) dan Dennis Pepa (vokal/bass) dari Death Angel. Kedua bersaudara ini membentuk Death Angel bersama dua sepupu mereka Rob Cavestany (gitar) dan Andy Galeon (drum). Namun sayangnya Dennis Pepa dan Gus Pepa saat ini sudah keluar dari Death Angel.

Ada juga dua bersaudara yang karena sama – sama menekuni perangkat musik yang sama, maka mereka tak pernah bermain dalam satu band. Meski demikian mereka sukses dengan bandnya masing – masing. Contohnya adalah Adrian Erlandsson dan Daniel Erlandsson yang sama – sama menjadi drummer. Keduanya tak pernah bermain bersama dalam satu band namun sukses bersama bandnya masing – masing. Adrian pernah menjadi drummer Cradle Of Filth dan saat ini bergabung bersama At The Gates, Brujeria dan Paradise Lost. Sementara adiknya Daniel sukses bersama Arch Enemy. Daniel juga menjadi drummer Carcass dalam beberapa show reuni mereka sejak tahun 2008.

Di Indonesia kita tentu sudah cukup familiar dengan band – band seperti Koil atau Pas Band yang juga punya personil bersaudara. Ikatan sebagai keluarga memiliki peran besar dalam membangun kedekatan personal dalam diri masing – masing orang yang memiliki hubungan saudara kandung. Meski tak jarang konflik dan perpecahan juga terjadi di antara saudara kandung, namun rasanya jumlah saudara sekandung yang bertikai tidak sebanyak mereka yang sukses bersama. Family, however, is something that is always around. Sebuah pepatah Spanyol mengatakan bahwa ”An ounce of blood is worth more than a pound of friendship.” Setitik darah lebih berharga daripada setumpuk pertemanan. So, siapa band metal bersaudara favorit anda? (Ariwan K Perdana)

4 comments:

  1. wah banyak ya yang bersaudara rupanya jadi musisi hebat

    ReplyDelete
  2. hehehe,keren juga tuh klu 1 grup saudara smua..kgak bkalan brantem masalah pembagian duit..hehehe,nice share gan,maaf bru bisa berkunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheeee__sip gan! makasih gan atas kunjungannya

      Delete
  3. Lama nih ga nongol di mari . .
    oiya request artikel kesehatan yah biar ga boring gan ..
    :D

    ReplyDelete