Monday, September 3, 2012

Kedatangan Hillary Clinton, Kemenlu Dijaga Ketat


Jakarta Komplek gedung Kemenlu di Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, sore hingga petang hari ini mendapat penjagaan ketat oleh petugas kepolisian dan Secret Service dari Amerika Serikat. Penjagaan ketat ini tak lain adalah untuk menyambut kedatangan Menlu AS Hillary Clinton.

Pantauan detikcom di kantor Kemenlu, Senin (3/9/2012), khususnya di gedung Pancasila, mendapat pengamanan ketat. Selain sekitar 20 orang secret service yang mengenakan jas warna hitam, juga dipasang dua metal detector.

Siapapun yang lewat masuk ke gedung itu, termasuk wartawan, harus mendapatkan pemeriksaan layaknya pemeriksaan di bandara. Tak hanya itu saja, tak jauh dari metal detector itu terdapat dua anjing herder yang mempelototi tamu yang hendak masuk ke gedung Pancasila.

Hillary dijadwalkan akan menggelar konferensi pers di lantai dasar gedung Pancasila, bersama dengan Menlu Marty Natalegawa. Dua mimbar untuk dua tokoh tersebut telah disiapkan.

Pesawat yang mengangkut Menlu AS Hillary Clinton sudah tiba sejak pukul 18.00 WIB tadi di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta. 30 Menit kemudian, Hillary baru turun dari pesawat bertuliskan 'United States of America' itu.

Pantauan detikcom, Senin (3/8/2012), Hillary turun dari pesawat sekitar pukul 18.30 WIB. Hillary terlihat mengenakan blazer berwarna pink serta celana panjang warna hitam.

Sambil menuruni tangga pesawat yang sudah dilapisi karpet warna merah, Hillary terlihat melambaikan tangan ke arah wartawan. Kemudian ia pun menyalami satu persatu pejabat Kedubes AS, termasuk Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel, dan sejumlah pejabat TNI yang sudah menunggunya.

Menurut salah satu staf Kedubes AS di Indonesia, Surho Ganesha, Hillary akan langsung bertolak menuju Kemenlu RI di Pejambon. Nantinya di sana, Menlu RI, Marty Natalegawa, sudah siap menyambut kedatangan Hillary.

Hillary dijadwalkan akan bertemu Presiden SBY pada Selasa (3/9) besok. Pertemuan ini banyak disebut berbagai pihak sebagai pemanasan sebelum KTT APEC di Vladivostok, Rusia.

sumber : http://news.detik.com/read/2012/09/03/190613/2006815/10/jelang-kedatangan-hillary-clinton-kemenlu-dijaga-ketat?9911012

1 comment:

  1. aduh ibu Menlu datang ke Indonesia, semoga nggak ada peristiwa yang mengganggu keamanan lagi

    ReplyDelete