Tuesday, February 19, 2013

Solusi ketika Mengalami Masalah


1. Lakukan Instropeksi
 " saya bertanggung jawab terhadap diri saya ".Artinya, cari tahu apakah masalah muncul karena keslahan kita atau ada sumbangan kita pada msalah tersebut,. kesadaran ini bisa membuka langkah dalam mencari pemecahannya pada tahap berikutnya.

2. Cari Sisi Indah atau positif
Hidup akan terus berputar biarpun kita memiliki masalah segunung. Kita masih  bisa menikmati hal-hal yang indah atau manis. Nah cari dan ingat terus pengalaman-pengalaman yang menyenangkan itu. Cara ini ampuh untuk mendapatkan ide bagus buat memecahkan masalah yang ada, dan emosi kita pun menjadi lebih terkendali.

3. Rela berjuang
Masalah harus dicari jalan keluarnya, bukan untuk dihindari atau dilupakan. Menunda masalah bisa menambah masalah baru. Biarpun berat, kita harus belajar memecahkan masalah yang kita hadapi, jangan mudah pasrah dan menyerah. Lawan semua perasaan itu. Ini bisa jadi jalan menjadi dewasa.

4. Berbagi cerita
Berbagi cerita dan pengalaman dengan teman, orang tua, saudara, atau orang yang tepat bisa membantu kita untuk memecahkan masalah tersebut. Atau sekurang-kurangnya dengan berbagi dapat meringankan beban yang sedang kita hadapi.

5. Rajin berdoa
Tidak ada yang lebih mengasihi, mencintai, membantu dan menolong kita kecuali Tuhan yang menciptakan kita. Mendekatkan diri dan meminta toling Kepada Nya adalah tindakan yang sangat tepat karena Tuhan YME memang Maha penolong.

0 komentar:

Post a Comment