Wednesday, January 9, 2013

Waspadai Angin Puting Beliung


Akibat pemanasan global sehingga membuat ketidakstabilan iklim di bumi, dan juga sangat berpengaruh terhadap gerakan angin di Atmosfer. Tiupan angin akan semakin kencang dengan pola yang berbeda, Angin kencang, topan dan badai akan sering terjadi dan melanda beberapa daerah di indonesia. penguapan air laut memberikan daya atau kekuatan kepada angin, sehingga membuat tiupan angin semakin kencang. yang bisa berpotensi menjadi Puting beliung. 

sahabat sawitto blog juga perlu mengetahui ciri-ciri akan datangnya puting beliung adalah pada waktu siang hari terlihat adanya kumpulan awan putih yang menjulang tinggi bagai bunga kol, kemudian menjadi awan gelap yang disertai hembusan udara dingin, tidak lama kemudian angin semakin cepat dan diikuti hujan lebat dan terkadang disertai hujan es. dan terlihat di awan hitam pusaran angin berbentuk seperti kerucut turun menuju tanah (bumi)



proses terjadinya Angin Puting Beliung biasanya terjadi pada musim pancaroba pada siang hari suhu udara panas, pengap, dan awan hitam mengumpul, akibat radiasi matahari di siang hari tumbuh awan secara vertikal, selanjutnya di dalam awan tersebut terjadi pergolakan arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang cukup tinggi. arus udara yang turun dengan kecepatan yang tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan secara acak (tidak teratur).

untuk kita itu kita harus lebih banyak berdoa dan memohon kepada ALLAH SWT, agar kita semua diberikan perlindungannya, dan puting beliung tidak terjadi seperti yang telah terjadi di Kabupaten Sidrap. Desa Wettae pada setahun yang lalu. amin


2 comments: