Thursday, February 14, 2013

Contoh Dialog Madduta (melamar) dalam Bahasa Bugis

+to Madduta : "Duami kuala sappo, unganna panasae belona kanuku (hanya dua yang menjadi tumpuan kami, kejujuran dan hati yan bersih).

iyaro bunga rositta tepu tabbaka  toni, engkanaga sampona. (kembang ros itu cukup mekarlah, apakah sudah ada yang melindunginya).

-To riaddutai : Dekga pasa ri kampotta, balanca ri liputta mulinco mabela. ( apakah tidak ada gadis di negeri bapak sehingga bapak jauh mencari).

+to madduta : Engka Pada ri liputta, balanca ri kampotta, nekkiya nawami ku sappa. (ada juga gadis di negeri kami, tetapi yang ku cari adalah hati yang suci/budi perkerti yang  baik).

-to riaduttai : Iganaro elo ri bungata, bunga temmaddaungnge, temmatakke, (siapa yang ingin pada anak kami yang tidak punya pengetahuan sedikitpun).

+to madduta : taroni temmaddaung, temmatakke. (Biarlah tidak tahu apa-apa, karena perhiasan yang tak kunjung layu, akan kujadikan pelita hidupku).


itulah salah satu contoh dialog yang saya tulis kali ini, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan para Sobat Putra Sawitto.

2 comments:

  1. sepertinya sudah siap madduta nih bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwkwk____tambah pengalaman dulu bang, baru diterapkan, hehhhehe

      Delete