Tuesday, February 19, 2013

Nicolaus Copernicus - Penemu teori Heliosentrisme Tata Surya logo google 19 februari 2013

Ada sedikit berbeda logo google hari ini, kali ini google memperingati 540 tahun perayaan kelahiran Copernicus. Ilmuwan asal Polandia ini dilahirkan di kota Torun, Polandia pada 19 Februari 1473. Semasa hidupnya, Copernicus dikenal sebagai seorang astronom, matematikawan dan juga ekonom.


Teorinya tentang Matahari sebagai pusat Tata Surya, yang berhasil menjungkirbalikkan teori geosentris tradisional (yang menempatkan Bumi di pusat alam semesta), dianggap sebagai salah satu penemuan yang terpenting sepanjang masa dan merupakan titik mula fundamental bagi astronomi modern dan sains modern.
Pada awalnya teori Heliosentrisme dari Copernicus ini menuai kontroversi. Teori ini bertentangan dengan ajaran filsuf yang terpandang, Aristoteles, dan tidak sejalan dengan kesimpulan matematikawan Yunani, Ptolemeus.
Nicolaus Copernicus - Penemu teori Heliosentrisme Tata Surya logo google 19 februari 2013
Nicolaus Copernicus - Penemu teori Heliosentrisme Tata Surya
Teori Copernicus menyangkal apa yang dianggap sebagai 'fakta' oleh Aristoteles dan Ptolemeus bahwa Matahari terbit di timur dan bergerak melintasi angkasa untuk terbenam di barat, sedangkan Bumi tetap tidak bergerak.

Namun, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teori Copernicus ini telah merevolusionerkan konsep tentang angkasa luar dan sekaligus merombak pandangan filosofis manusia terhadap ilmu astronomi.

Nicolaus Copernicus meninggal di kota Frombork, Polandia pada 24 Mei 1543 dalam usia 70 tahun. Dewasa ini, Copernicus disanjung oleh banyak orang sebagai Bapak Astronomi Modern.


sumber : http://putugibagi.blogspot.com/2013/02/google-merayakan-ulang-tahun-nicolaus.html

2 comments: